Cara Cek Kondisi Harddisk Komputer Melalui CMD dan Cara Memperbaikinya

Cara Cek Harddisk & Cara Memperbaikinya - Baik sobat JAYA TEHKNO kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara untuk kita mengecek dan memperbaiki salah satu komponen keras dari komputer yaitu harddisk.

Harddisk merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan seluruh data pada komputer. Selain untuk menyimpan data harddisk juga berfungsi untuk tempat menginstal Operating System ( OS ) dari sebuah windows.

Berikut Cara Cek Kondisi Harddisk Komputer Atau Laptop Melalui Command Promt (CMD)

Sebenarnya jika kita ingin memeriksa kondisi harddisk secara menyeluruh dan akurat kita harus menggunakan  software khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Software yang paling sering digunakan untuk keperluan melihat kondisi harddisk menggunakan Hiren's BootCD.

Cara lain yang cukup mudah adalah dengan kita menggunakan Command Prompt ( CMD ). Dengan cara membuka Run dan mengetikkan CMD > Enter. Kemudian kita ketikkan kode perintah wmic diskdrive get status kemudian Enter. Jika kondisi harddisk sobat tidak bermasalah maka akan muncul status OK. Status OK ini akan tampil tergantung jumlah harddrive komputer sobat. Tapi jika yang tampil bukan status OK maka itu pertanda harddisk sobat sudah bermasalah dan saya sarankan untuk melakukan backup data.


Sebenarnya dengan Command Prompt ( CMD ) ini kita juga dapat melakukan perbaikan yang terdapat pada harddisk. Meskipun di bandingkan dengan software Hiren's BootCD masih lebih lengkap fiturnya menggunakan software tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk sobat memperbaiki harddisk dengan CMD.

Umumnya harddisk bermasalah karena adanya bad sector. Kasus bad sector biasanya dibagi menjadi dua bad sector yaitu bad sector fisik dan bad sector software. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba memperbaiki kasus bad sector secara software.

Untuk memeperbaiki harddisk bad sector software menggunakan CMD caranya sangat mudah. Sobat buka dulu layar kerja Command Prompt seperti yang sudah saya intruksikan diatas tadi kemudian sobat ketik perintah chkdsk /r /f e: lalu tekan Enter. Kode chkdsk merupakan kode perintah untuk pengecekan kondisi harddisk. Lalu kode /r adalah untuk memindahkan kondisi bad sector harddisk. Lalu kode /f berfungsi untuk memeperbaiki setiap bad sector yang di temukan. Kemudian e untuk memeperlihatkan partisis harddisk komputer atau penentuan partisi mana yang akan di perbaiki.



Apabila tidak berhasil dengan trik di atas sobat dapat menggunakan bantuan software Hiren's BootCD saja. Sobat semua dapat mendownload dari website resminya kemudian sobat burning ke CD/DVD dan jalankan.

Oke sobat JAYA TEHKNO mungkin itu pembahasan mengenai Cara Cek Kondisi Harddisk Komputer Melalui CMD dan Cara Memperbaikinya. Semoga arikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Cek Kondisi Harddisk Komputer Melalui CMD dan Cara Memperbaikinya"

Post a Comment