Fungsi Motherboard

Fungsi Motherboard - Sobat JAYA TEHKNO kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai fungsi dan bagian-bagian dari hardware komputer yaitu Motherboard. Motherboard merupakan salah satu perangkat keras pada sistem komputer yang berbentuk Printed Circuit Board ( PCB ).


Fungsi dari Motherboard ialah sebagai penghubung dari seluruh komponen penyusun sebuah komputer. Motherboard juga bisa di katakan sebagai tulang punggung dari sistem komputer, semua komponen komputer pasti terhubung dengan motherboard baik langsung maupun tidak langsung.


Chipset
Bagian terpenting dari sebuah motherboard adalah chipset, yang berfungsi sebagai penghubung anatarmuka antara processor dengan macam-macam komponen eksternal dan buses. Jenis chipset inilah yang akan menentukan dan menilai fitur dan kemampuan sebuah motherboard.

Ada dua kelompok Chipset yang biasa kita temui di pasaran. Kelompok chipset Intel yang hanya bisa digunakan untuk CPU Intel, dan chipset AMD yang hanya untuk keluaran dari AMD. Kedua kelompok ini juga terbagi lagi dengan berbagai macam jenis generasi chipset yang terus berkembang.

Socket / CPU Slots
Socket merupakan tempat untuk meletakkan Processor pada motherboard. Sama seperti chipset socket ini juga terbagi dengan beberapa macam jenis , tergantung dari jenis processor yang mendukungnya.

Basic Input Output System ( BIOS ) Chip
Bios merupakan sebuah chip yang menyimpan perangkat lunak untuk mengontrol hardware dan brfungsi sebagai interface antara hardware dan operating system ( OS ). Bios berguna untuk mempersiapkan proses booting ( StartUp ) dan mengecek kesiapan sistem dan hardware sebelum komputer diajalankan.

Complimentary Metal Oxide Semicondutor ( CMOS ) Battery
CMOS merupakan sebuah baterai yang mensupply power pada sebuah memory kecil pada motherboard yang berfungsi untuk menyimpan settingan konfigurasi komputer, waktu, dll. CMOS menjaga agar kita tidak perlu mengkonfirmasi hal-hal tersebut setiap kali kita menyalakan komputer.

Memory Slots
Slot yang berbentuk agak panjang dan ramping ini berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan Random Acces Memory ( RAM ).

VGA Slots ( Graphic Card Slot )
Slot ini berfungsi untuk menginstal komponen graphic card ( video card ). Pada era komputer modern, umumnya berupa slot dengan interface PCI-Express. Pada motherboard high-end dapat menampung hingga 3 slot VGA.

Expansion Slots
Expansion slot berfungsi untuk memasang perangkat tambahan seperti Sound Card, LAN Card, dll.

Storage Drive Connector
Berfungsi untuk menghubungkan perangkat penyimpanan data seperti Harddisk Drive, Optical Drive, SSD, dan perangkat storage external. Biasnya berupa interface S-ATA ( Serial Advanced Technology Attachment ) / ATA.

Itu tadi sobat JAYA TEHKNO pembahasan mengenai Fungsi dan Bagian-bagian dari Motherboard, semoga artikel ini dapat berguna untuk kita semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fungsi Motherboard"

Post a Comment